Tips Makan Siang Sehat

Makan siang adalah hal yang penting, di siang hari kita banyak melakukan aktivitas oleh karena itu kita harus mengkonsumsi makan siang yang sehat. Bagi anda yang masih bingung untuk memilih menu makan siang yang sehat, anda dapat membaca postingan berikut ini."Tips Makan Siang Sehat"

1. Ikan adalah pilihan sehat saat makan di luar. Pilih salmon dan tuna (filet lebih baik) untuk menambahkan asam lemak omega-3 pada diet anda. Kedua jenis ikan ini termasuk lemak tak jenuh ganda yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Anda juga bisa mendapatkan omega-3 dalam cemilan kacang walnut atau edamame
2. Hindari makanan yang digoreng dan menambah keju. Makanan di food court atau kafe umumnya mengandung banyak lemak jenuh, kolesterol, sodium, dan kalori. Lemak jenuh dan kolesterol umumnya terdapat dalam daging, makanan olahan susu, santan, dan mentega. Kelebihan kolesterol dan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol. 
3. Makanan yang diawetkan dan diasap umumnya mengandung sodium (garam) tinggi. Contohnya saus koktil, saus teriyaki, kecap, atau msg. 
4. Kurangi hobi makan - makanan yang digoreng, diolah dengan mentega, keju, atau disemur. Pilih makanan yang dipanggang, direbus, dibakar, atau dikukus.
 5. Jika anda makan steak, mintalah agar french fries diganti dengan sayuran. Buang kulit pada ayam. Jauhkan menteganya. Minumlah teh, dan bukannya kopi dengan krim. Jika ingin minum kopi, tambahkan susu rendah lemak, bukan krim. 
6. Makanan di restoran umumnya berporsi besar. Jangan habiskan makanan ini sendiri. Ajak teman atau pasangan anda berbagi. Jika teman perempuan anda ingin memilih menunya sendiri, minta pelayan untuk menyisihkan separuh makanan ke dalam kotak untuk anda bawa pulang. 
7. Jika anda menikmati makanan china, pilih seafood yang dikukus atau ditumis, ayam, tahu, dan sayuran. Hindari pangsit goreng, ayam goreng, babi asam manis, atau egg roll. Makanan-makanan ini biasanya menggunakan banyak minyak, sodium, dan msg. 
8. Pasta memang makanan italia yang paling lezat. Namun hidangan pasta mengandung banyak kalori dan lemak jenuh. Pilih pasta dengan saus yang ringan, seperti primavera (sayuran), marsala (anggur, jamur, daging sapi), marinara (tomat, bawang), atau saus kerang. Menurut persatuan perawat hindari saus cream atau keju (seperti alfredo), calamari, atau pasta apa pun yang dibalut keju.
 9. Anda penggemar pizza? Pesanlah pizza yang rotinya tipis, dengan topping sayuran dan tambahan saus. Kurangi topping kejunya. Anda boleh menikmati dua slice pizza, sisanya bisa anda bawa pulang untuk dibagi kepada keluarga. 
10. Makanan thailand umumnya menawarkan saus yang sehat dan sayuran segar. Namun makanan ini diolah dengan minyak atau santan yang mengandung lemak jenuh. Pilih dimsum, sup asam, mi pad thai, tumis sayuran, dan nasi ketan. Hindari lumpia goreng, kari ayam, dan bebek.

 Sumber: http://kamissore.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment