Tips Saat Sahur Agar Puasa tetap Bugar


Untuk anda yang melakukan ibadah puasa pada bulan ramadhan ini. Ada baiknya anda menyimak tips - tips saat sahur dan tips buka puasa agar puasa anda tetap bugar. Berikut tips yang dapat anda lakukan sehingga ibadah yang kita jalankan dapat maksimal.
  1. Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Walaupun menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  2. Upayakan untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di ruangan terbuka atau ber – AC.
  3. Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.
  4. Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
  5. Sedangkan bagi penderita diabetes bisa mengkonsumsi nasi merah. Saat berbuka makanlah makanan ringan yang berkalori cukup. Perhatikan juga asupan obat-obatan, jangan sampai beresiko pada hipoglikemi (kadar gula terlalu rendah).
  6. Jika memungkinkan lakukan olahraga ringan menjelang berbuka puasa, dengan melakukan olahraga ringan, niscaya tubuh Anda akan lebih fit dalam menghadapi sebulan penuh berpuasa.
  7. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Vitamin tersebut terdapat pada buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, dan kacang-kacangan.
Oke, Semoga Bermanfaat. Untuk tips saat berbuka puasa, dapat anda lihat di postingan saya yang satu ini: http://dwikiprasetya.blogspot.com/2011/08/tips-sehat-buka-puasa.html

0 comments:

Post a Comment