Puasa Membuat Tubuh Sehat dan Mengurangi Racun Dalam Tubuh



Puasa adalah kegiatan untuk menahan nafsu dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa ramadhan wajib hukumnya bagi umat Islam. Puasa bukan hanya dapat membuat tubuh sehat namun juga bisa mengurangi zat-zat racun yang ada di tubuh manusia.



Kalau anda merasa daya pikir dan daya tahan tubuh berkurang saat berpuasa, itu karena tidak menjaga kebutuhan gizi yang seimbang. Dengan makan yang cukup dan gizi seimbang, maka akan membuat anda lebih sehat. Berpuasa justru akan membuat tubuh lebih sehat. Sebab, puasa merupakan kesempatan paling tepat mengistirahatkan fungsi organ manusia.



Puasa adalah salah satu kegiatan mengurangi faktor-faktor yang meracuni tubuh (detoksifikasi). Bahkan, dari tindakan terapi dianjurkan berpuasa yakni, membatasi makan. Selama ini, banyak gangguan kesehatan yang disebabkan dari faktor makanan. Oleh karena itu, dengan membatasi makanan saat puasa, berarti membatasi faktor yang beresiko pada kesehatan.



Selain mengurangi zat racun dalam tubuh, dengan puasa kita juga dapat mengurangi sejumah penyakit seperti, hipertensi, asam urat, diabetes melitus, jantung dan kolesterol. DENGAN SYARAT, harus melaksanakan puasa yang sehat. Bagaimana puasa yang sehat yakni harus tetap jaga keseimbangan dengan memenuhi kebutuhan gizinya. Artinya makan yang benar, puasa yang terencana dengan niat ikhlas, minum yang cukup, istirahat cukup tanpa mengurangi aktivitas rutin biasa.



Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Puasa sebagai salah satu upaya menguatkan disiplin kemandirian sehat, yaitu disiplin untuk mengendalikan kebutuhan jasmani dan rohani. Kesehatan luas terkait dengan kejiwaan fisik, ketenangan dan ibadah.





Sumber: http://eksposnews.com/

0 comments:

Post a Comment