Bulutangkis

Mungkin anda sering bermain bulutangkis di depan rumah maupun di lapangan. Akan tetapi, Tahukah anda apa definisi dari bulutangkis??
Ya, Bulutangkis atau yang biasa disebut Badminton adalah salah satu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang ( tunggal ) atau dua pasangan yang saling berlawanan ( ganda ). Olahraga ini bertujuan memukul bola permainan ( kok ) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu:
  1. Tunggal Putra
  2. Tunggal Putri
  3. Ganda Putra
  4. Ganda Putri
  5. Ganda Campuran
Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dengan permukaan lapangan yang disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Adapun jaring atau yang biasa disebut net mempunyai tinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan.

Ada beberapa peralatan yang umum digunakan oleh seorang "atlit" bulutangkis. Yaitu:
  • Raket
Raket bulu tangkis berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket. Sekarang ini banyak merk-merk yang sudah terkenal di Indonesia maupun di Dunia, seperti: Yonex, Hart, Linning, Toalson, dll. Anda juga dapat menjumpai penjual raket di toko olahraga. Saat ini Indonesia menggunakan raket "Yonex", sedangkan China menggunakan "Linning". Sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat signifikan dari raket-raket diatas. Hanya pada masalah berat, bentuk, model, kebiasaan, dan kualitas raket sendiri.
  • Senar
Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Saat ini ada beberapa merk senar seperti: Yonex, Li-ning, RS ( reinforce speed ), Ebox, Toalsen, dll.
  • Kok
Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Saat ini harga kok bekisar antara Rp. 15.000 s/d Rp. 50.000 per slop (isi 12) dengan berbagai merk lokal maupun internasional dipasaran.
  • Sepatu
Sepatu adalah alat yang sangat penting untuk bermain bulutangkis. Para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Oleh karena itu, sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik dan dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik.



Untuk sistem pertandingan sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set.

Saya rasa penjelasan saya tadi cukup mudah untuk dimengerti, semoga bermanfaat. Untuk hal-hal mengenai bulutangkis yang lainnya dapat anda lihat di postingan saya selanjutnya...
^___^

0 comments:

Post a Comment